Home » Tips » Tips 2 Cara Partisi SD Card Tanpa PC Dan Pakai PC Work 2017
X
loading...

Tips 2 Cara Partisi SD Card Tanpa PC Dan Pakai PC Work 2017

Cara Partisi SD Card – Memang bukan menjadi suatu yang harus kita tutupi karena bagian yang merupakan terpenting bagi android adalah Internal atau memory, karena memory sendiri sangat membantu kita dalam menyimpan berbagai macam-macam file yang berguna sekali untuk kita gunakan, dan jika masalahnya apabila memory internal yang kita miliki sangat minim dan bahkan untuk mengsave sebuah aplikasi pun nampaknya cukup sulit dan itu mungkin yang menjadi penyebab masalah bagi kalangan pengguna android.

Dan yang mungkin sedikit menjadi permaslahan adalah nanti akan muncul beberapa masalah yang mungkin nanti dapat kalian alami seperti handphone kalian akan lebih nge lag dari biasanya dan juga kalian bahkan tidak akan bisa menginstall aplikasi yang ingin kalian mainkan bahkan jika kalian mau tetap ingin menginstall aplikasi tersebut kalian harus melakukan uninstall aplikasi yang sudah terpasang di android kalian.

Namun gimana nih min? Punya tips jitu engga buat nambah atau memperluas memory internal yang ada di handphone saya? Tenang mungkin cara ini akan berguna untuk kalian coba dirumah karena cara ini bisa memberikan nafas baru kepada ruang penyimpanan di android kita bro 😀

Namun Untuk melakukan cara ini kita akan bertemu 2 Cara terbaik yang bisa kalian lakukan yang pertama Cara Partisi SD Card Menggunakan PC dan Cara Partisi SD Card tanpa menggunakan PC dan ada beberapa kriteria yang harus kita ikuti untuk memperlancar proses Partisi SD Card ini sendiri.

  1. Handphone smartphone kalian harus sudah dalam keadaan root, dan gimana gan handphone saya belum ke root langsung saja cari di serbacararoot.com  dan cari jenis handphone kalian dan lakukan proses rootingterlebih dahulu.
  2. Kita Membutuhkan SD Card dan minimal SD Card tersebut adalah sekitar 4GB kalau mau yang 8, 32 malah lebih bagus lagi.
  3. Download aplikasi penopang jalan melakukan partisi Download Disini. Nama aplikasi tersebut adalah Android Partition Aparted, atau kalian bisa mendownloadnya secara free alias gratis tis tis di google playstore.

Jika semua kriteria Doii sudah terpenuhi langsung sama agan langsung tembak dong doinya 😀 *ehh bukan maksudnya jika syaratnya udah terpenuhi langsung saja kita lakukan partisi sd cardnya, namun sebelum itu kita harus melakukan backup data untuk meminimalisir hal yang tidak ingin terjadi, karena nanti si SD Card akan di hapus tuh datanya *sedikit saran jika kalian males backup mending beli sd card baru langsung kita partisi Dan bagi kalian yang sudah mempunyai memory card langsung partisi SD Card 4GB 8GB dan lebih besar seperti 16 atau 32 nah kalau beda gimana min sama aja cuma beda pass di baginya aja memory tersebut.

Cara Partisi SD Card Tanpa PC

Cara Partisi SD Card

  1. Setelah berhasil terdownload apliksainya kita lakukan install aplikasi tersebut terlebih dahulu, dan tunggu hingga selesai
  2. Jika sudah selesai maka lakukan format Micro SD Card kalian, untuk caranya kalian bisa pergi ke menu settings dan disana ada penyimpanan atau storage, dan disana kita pilih erase external storage.
  3. Dan jika telah selesai terformat, lalu sekarang kita pilih Unmount SD Card, agan bisa cari di setting – Penyimpanan dan – Unmount SD Card.
  4. Maka saat ini Sd Card kalian sudah siap untuk dilakukan partisi
  5. Langsung masuk ke aplikasi Aparted dan kemudian kita pilih crate dan lalu pada icon warna hijau pertandakan + (Plus) sampai 3 kali icon ini akan berfungsi untuk membuatkan partisi.
  6. Utuk Partisi Part 1 ubah formatnya menjadi Fat32, Dan lalu untuk yang ke dua kita ubah juga menjadi Ext2 dan partisi yang ketiga kita rubah ke Swap.
  7. Dan disana kalian bisa bebas mengatur beberapa partisi yang ingin kalian lakuan.
  8. Dan untuk partisi pertama lebih baik saya sarangkan  gunakan memory sekitar 90 persen lah karena partisi pertama ini digunakan untuk memory External yang berguna untuk menyimpan video maupun foto.
  9. Untuk partisi ke dua ini yang ext2 ini sendiri berfugsi sebagai memory internal.
  10. Partisi yang ketiga sendiri berguna untuk memaksimalkan kinerja pada ram SWap sendiri tidak usah dilakukan secara banyak karena dari linux sendiri sudah disediakan space sebesar 100 sampai 500 MB .
  11. Setelah kalian berhasil membaginya menjadi 3 buah bagian tadi, sekarang kita tekan tombol icon titik 3 yang berada di bagian atas untuk melakukan penerapan atau melakukan perubahan.
  12. Maka nanti setelah itu akan muncul sebuah peringatan data akan di hapus, langsung saja kita pilih OK dan kita tunggu hingga si proses tersebut berjalan dengan baik.
  13. Langkah terakhir adalah silahkan reboot android kalian dan done android kalian sudah melakukan partisi.

Namun yang perlu di ingat adalah tidak semua jenis handphone di aplikasi ini dapat support karena tidak ada yang sempurna jadi saya sarankan jika tidak berani mending pakai cara yang menggunakan PC saja, namun jika kalian memang benar mengikuti langkah ini maka kalian masuk orang yang hebat 😀

Cara Partisi SD Card Menggunakan PC

  1. Untuk bahan bantuan aplikasi tersebut kita bisa download Disini
  2. Setelah berhasil terdownload aplikasi tersebut, lakukan install aplikasi tersebut di PC kalian atau laptop juga bisa
  3. Dan lalu sambungkan semua file yang berada di Sd Card kalian, lalu kalian lakukan kongkan dan lalu lakukan format pada SDcard tersebut
  4. Terus jalankan aplikasi yang telah kalian download tadi, nanti sd card kalian akan terlihat di bagian bawah sendiri, ada di bawah disk 2
  5. Dan lalu sd cardnya akan kebaca di disk 2 tadi dan lalu kalian lakukan klik kanan dan lalu pilih menu Move atau resize
  6. Terus nanti kalian akan sama seperti partisi yang tanpa PC tadi cara membedakan partisinya kalau belum paham bisa baca ke atas lagi yaa
  7. Untuk yang pertama di isikan Fat32 dan lalu dikasih kapasitas yang paling lumayan besar
    1. partion Label : Lewat saja biarkan di kosongin
    2. File System : Kita pilih Fat32
    3. Create As : Kita pilih Promary
  8. Dan partition Sizenya sendiri kita gedein partisi yang kita inginkan denga menggeser kota bar ke arah kiri, atau jika malas kalian bisa langsung atus angka yang ada di kotak yang telah di sediakan oleh aplikasi tersebut
    Maka jika sudah klik OK
  9. Sekarang berarti sudah tercipta 1 partisi dari Fat 32 dan sisanya memory Unllacotade
  10. Maka kita buat langsung yang partisi ke dua kita pilih formatnya yaitu EXT2 yang berfungsi menjadi memory
    1. internal, dan langsung klik kanan lagi pada disk yang unllocated dan langsung saja kita isika kota yang ada disana
    2. Partision Label : Kosongin
    3. Custer Size : 4Kb
    4. File System ; Ext2
    5. Create As Primary
    6. Partion Size : kita sisakan memory sekitar 100 Mb untuk digunakan sebagai partisi ke tiga nanti
  11. Dan langsung saja kita Linux Swap
    1. Partision Label : Kosongin
    2. Create As : Primary
    3. Custer Size : Default
    4. File System ; Linux Swap
    5. Partion Size : secara otomatis akan langsung terisi sendiri
  12. Jika sudah terisi semua kita lalu apply dan kita tunggu hingga proses partisi dilakukam

Dan Sd card kalian telah berhasil terpartisi, dan maka sekarang kalian bisa memindahkan semua aplikasi di memory internal ke Sd card kalian yang sudah kita lakukan partisi tadi, dan maka Cara Partisi Sd Card sudah selesai yeah semoga berhasil bagi kalian yang ingin melakukan sebuah swap pada handphoen kalian, semoga berhasil goodluck guys dan jika memory handphone kalian berbeda-beda  lakukan partisinya sesuai selera masing-masing yaa, sekarang mimin mohon pamit dulu see yaa 😀

 

Incoming search terms:

  • partisi ke 2 tidak ada xiaomi 3s
  • cara partisi sd card tanpa pc work
  • cara partisi sd card
  • cara partisi memori internal xiaomi mi4 lewat pc
  • cara partisi lenovo a319 non pc
  • cara partisi dengan twrp andromax a
  • cara mempartisi sd dgn twrp
  • cara memindahkan partisi sdcard tanpa pc Xiaomi redmi note 2 prime
  • perbedaan partisi 2 dan 3 di ad sd card
  • cara buat 2 partisi hp xiaomi

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *